Dinda Ayu Subagio's Blog

Selamat Datang :)

MEMBANGKITKAN JIWA ORGANISASI YANG HANDAL DAN BERPRESTASI TINGGI DENGAN KOMUNIKASI DAN MOTIVASI

Posted Rabu, 02 November 2011 by bahagia bersama dinda :)

NIM   : 10.41010.0250
Nama  : Dinda Ayu Dwi Agustina
Tugas  : Perilaku Keorganisasian
 
Dalam sebuah organisasi membentuk sumber daya manusia (SDM) yang handal dan prestasi tidaklah mudah karena pada masing-masing SDM memiliki karakter yang berbeda. Dalam berorganisasi kita tidak dapat menyamakan perepsi kita dengan orang lain. Kenapa SDM yang handal dan berprestasi dibutuhkan dalam suatu organisasi? Karena, agar tercapainya suatu tujuan yang sama. Banyak cara untuk membangun SDM yang handal dan berprestasi. Misalnya saja dengan bimbingan mental, pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar), diklat menengah dan diklat lanjutan. Pada kali ini saya membawakan studi kasus tentang KOPMA STIKOM Surabaya.

KOPMA STIKOM Surabaya adalah salah satu Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di STIKOM Surabaya. Organisasi ini mempunyai SDM-SDM (pengurus) yang handal dan memiliki prestasi yang tinggi. Bukan hanya prestasi di bidang akademik saja akan tetapi prestasi non akademik pula. Sikap handal yang dimiliki oleh pengurus KOPMA terlihat saat beberapa acara yang diusung oleh organisasi ini terlihat sangat terorganisir. Ini karena para pengurusnya dibentuk dengan kepribadian yang handal dan penuh dengan tanggung jawab. Beberapa kegiatan tersusun dengan rapi dan berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan komunikasi pada setiap pengurus terjalin dengan baik. Adanya komunikasi yang baik inilah yang membuat segalanya menjadi terorganisir dengan rapi. Selain membangun komunikasi dengan baik para pengurus juga selalu melakukan motivasi kepada pengurus lainnya. Memotivasi seseorang tidak hanya dengan memberikan orang lain imbalan uang atau barang akan tetapi memotivasi seseorang dengan menyebarkan pujian akan lebih mengena. Memotivasi satu sama lainnya selalu diterapkan pada organisasi ini dengan tujuan para pengurus dapat bekerja secara handal dan profesional. Meskipun sering kali ada pengurus yang kontribusinya pada organisasi ini kendor tapi tidak merubah semangat pengurus yang lain untuk selalu memotivasi pengurus yang kendor tersebut. Motivasi-motivasi inilah yang selalu membuat semangat para pengurus untuk selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab dan profesional. Banyak prestasi yang diperoleh oleh KOPMA STIKOM Surabaya, meskipun bukan prestasi akademik yang diperolehnya. Misalnya prestasi intern saja, KOPMA STIKOM Surabaya mampu mengembangkan usaha-usaha yang sempat vakum. Ada beberapa usaha misalnya saja printer dan scanning, kafe kopma dan GHOST (Galeri Oleh-oleh STIKOM). Perkembangan usaha-usaha inilah yang membuat KOPMA STIKOM Surabaya semakin berkembang. Prestasi ini bukan prestasi kecil pada KOPMA STIKOM Surabaya, karena mengembangkan usaha tidak semudah membuka usaha baru. Tapi dengan adanya komunikasi yang baik dan motivasi pada setiap pengurus hambatan-hambatan tersebut mampu dilaluinya. Banyak trik, banyak cara dan banyak konsep yang dibangun oleh para pengurus KOPMA STIKOM Surabaya. Semoga kedepannya organisasi ini mampu menjadi organisasi yang dapat dihandalkan dengan segala prestasinya. Great KOPMA, Great STIKOM Surabaya !!

Pentingnya membangun SDM yang handal dan berprestasi tinggi guna dapat menyelaraskan dan mencapai tujuan bersama dalam sebuah organisasi. Tanpa ada SDM yang handal dan berprestasi tinggi (tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik saja) maka organisasi tersebut tidak akan berkembang dengan baik. Hal ini dapat dikarenakan kurangnya komunikasi dan motivasi serta controling pada masing-masing SDM. Jadi, untuk membangun sebuah organisasi yang baik setidaknya kita mampu menjadi pribadi yang handal dan mempunyai prestasi yang tinggi.
 
 

Posting Komentar

Shoutmix