OOP (Object Oriented Programming)
Program paradigma menggunakan “objek” – data terstruktur dari sebuah identitas (data field) menggunakan metode bersama-sama dengan interaksi atau hubungan dalam sebuah objek – untuk mendesain aplikasi dan program komputer.
Model bahasa pemrograman yang tidak terlalu memikirkan “objek”.
Paradigma dasar (pilar-pilar) PBO :
· ABSTRACTION
Abstrak tidak sama dengan nyata => filtering : data , proses. Mengembangkan / mengubah / memproyeksikan permasalahan dunia nyata menjadi suatu model.
Contoh :
Sistem informasi rumah sakit | Sistem informasi akademik |
Pasien | Mahasiswa |
Dokter | Dosen |
Penyakit | Mata kuliah |
SI. Rumah sakit : SI. Akademik :
Pasien |
Nama |
Alamat |
history |
Mahasiswa |
Nim |
Nama |
Alamat |
·
ENCAPSULATION
Information hidding : penyembunyian informasi
v Data private dapat diubah, tapi di class itu sendiri.
· INHERITANCE
Turunan => dari class diturunkan di class-class yang lain.
v Class Wlogin adalah turunan dari class Window.
v Sifat : class turunan mempunyai sifat yang persis dengan induknya.
v Single parent : sebuah class hanya turunan dari sebuah induk tidak boleh lebih.
POLYMORPH
Sama dengan inheritance namun turunan dari induk ke anak-anaknya mempunyai sifat yang berbeda-beda.
v Ini semua akan sama-sama berjalan (run), tetapi mempunyai cara jalan yang berbeda-beda.
Konsep Class dan Object
· Class is blueprint of object
· Object is instance of class
Class : perempuan
Object : perempuan 1 , perempuan 2 , perempuan 3
·
· class
v Data (private) : atribute , properti , data member , variabel
Costanta : data yang tidak dapat diubah v Method : operation , procedure , function , behavior